PENAMAS ID – Era digital telah membuka pintu perdagangan antarnegara di seluruh dunia sehingga bisnis berlangsung tanpa batas. Sebagai pengusaha, hal ini memberikan peluang besar untuk meningkatkan performa bisnis di era digital.
Seiring dengan peluang tersebut, jumlah pesaing atau kompetitor juga meningkat. Oleh karena itu, penting untukmu merancang strategi bisnis yang efektif guna menghadapi persaingan yang semakin ketat.
Berikut tips meningkatkan bisnis di era digital yang wajib kamu coba.
Tips Meningkatkan Bisnis
1. Mengembangkan Produk atau Layanan
Menambahkan produk atau layanan dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan profit bisnis, terutama jika bisnis sudah berjalan dengan baik. Sebelum mengembangkan produk, kamu perlu riset pasar.
Riset pasar sebelumnya dapat membantu mengidentifikasi produk atau layanan dengan tingkat permintaan tinggi. Dengan begitu bisa meningkatkan potensi keberhasilan di pasaran.
Namun, perlu berhati-hati terhadap risiko kerugian yang mungkin timbul jika produk baru tidak diterima dengan baik. Sebelum menambahkan produk atau layanan baru, pertimbangkan secara matang untuk memastikan respons positif dari konsumen.
2. Membuat Brand Story
Tiap pengusaha memiliki perjalanan unik dalam membangun bisnis. Mulai dari pemilihan jenis bisnis, metode pembangunan, hingga mempertahankan usahanya. Cerita tersebut bisa diolah dan dijadikan narasi untuk brand story.
Berbagi kisah inspiratif seputar perjalanan bisnis tidak hanya bermanfaat bagi pembaca atau pendengar.
Tapi juga dapat menghasilkan dukungan serta membangun hubungan emosional dengan pelanggan. Brand story berpotensi membantu perusahaan dalam membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Selain itu, pembentukan brand story juga dapat membedakan merekmu dari pesaing di pasar.
3. Mengamati Trend Digital
Melihat tren digital sangat penting dalam bisnis karena teknologi telah mengubah cara konsumen berinteraksi dengan produk dan layanan. Mengikuti tren membantu pelaku bisnis tetap terhubung dengan pelanggan dan memahami perubahan selera konsumen.
Pelaku bisnis dapat mengidentifikasi tren melalui media sosial seperti Twitter dengan memperhatikan trending topic. Bisa juga menggunakan Google Trend untuk melihat kata kunci yang sedang populer.
Memanfaatkan informasi tren dalam promosi, termasuk konten, artikel, dan video, dapat menghasilkan respons positif dari calon konsumen. Alhasil, bisa mendukung pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.
4. Lakukan Inovasi
Inovasi merupakan elemen penting dari strategi bisnis di era digital yang tidak boleh diabaikan. Seperti yang kamu tahu, dunia bisnis sangat dinamis yang mana mana perubahan terjadi dengan cepat dan tren baru muncul hampir setiap hari.
Bagi para pelaku bisnis, melibatkan diri dalam kegiatan inovatif menjadi suatu kewajiban agar dapat bersaing. Kamu perlu menciptakan produk dan layanan yang unik, berbeda daripada yang lain.
Meskipun menciptakan inovasi tidak mudah, terkadang ide yang dianggap bisa mendorong kemajuan bisnis tidak selalu memberikan hasil sesuai harapan. Namun, melalui proses yang tepat, inovasi yang berhasil pasti bisa kamu temukan.
5. Memakai Media Sosial
Media sosial dapat menjadi alat yang efektif dalam strategi bisnis. Pemanfaatan media sosial dapat kamu integrasikan langsung dalam upaya meningkatkan performa bisnis di era digital.
Selain memiliki biaya yang terjangkau, penggunaan media sosial juga terbilang simpel. Kamu tidak memerlukan keahlian khusus untuk memanfaatkannya. Cukup dengan memasarkan produk atau jasa.
Selanjutnya, kamu bisa mengoptimalkan fitur-fitur yang tersedia di platform tersebut untuk menciptakan konten yang menarik. Praktis dan sederhana, bukan?
6. Membuat Konten yang Menarik
Konten mampu menarik perhatian audiens dan membangkitkan minat konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan. Beberapa jenis konten antara lain termasuk video pemasaran produk, infografis, blog post, kuis, dan gambar produk.
Dalam pembuatan konten, sangat penting untuk memahami audiens dan memilih jenis konten yang sesuai dengan karakter konsumen. Konten yang relevan dapat meningkatkan tingkat keterlibatan (engagement).
7. Investasi Sumber Daya
Mengalokasikan investasi pada pengembangan sumber daya manusia merupakan hal yang penting untuk memfasilitasi peralihan ke era digital. Karyawan memegang peranan penting dalam proses penggunaan teknologi untuk bisnis.
Pastikan bahwa karyawan merasa nyaman dan mahir dalam penggunaan teknologi tersebut. Untuk mencapai hal ini, mengadakan pelatihan bisa berkontribusi signifikan untuk membantu karyawan menguasai teknologi.
8. Membuka Toko Online
Langkah selanjutnya untuk meningkatkan performa bisnis di era digital yaitu membuat toko online. Keberadaan toko online menjadi strategi terbaik untuk mengembangkan bisnis di era teknologi saat ini
Dengan membuat produk tersedia secara online, kamu bisa membuka saluran penjualan tambahan dan meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran.
Mudahnya lagi, sekarang tersedia marketplace yang memungkinkanmu membuat toko online secara praktis. Prosesnya gratis dan kamu bisa langsung memasarkan produk melalui marketplace tersebut. (Bil/Bbs/PENAMAS ID)